Interaksi merupakan salah satu aktivitas kehidupan yang melibatkan dua makhluk hidup atau lebih. Interaksi terjadi dalam satu spesies maupun antar spesies. Makhluk hidup berinteraksi dapat Interaksi saling menguntungkan, merugikan, atau netral. Adapun berbagai macam interaksi makhluk hidup adalah sebagai berikut.

Menurut Campbell et al. (2004), simbiosis merupakan interaksi dua makhluk hidup yang melakukan hidup bersama. Ada tiga macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan parasistisme.

1. Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan simbiosis yang saling menguntungkan kedua jenis organisme. Contoh dari simbiosis mutualisme adalah alga dan fungi yang membentuk lichenes (lumut kerak). Alga memiliki kemampuan berfotosintesis, sedangkan fungi menyediakan nutrien yang diambil dari lingkungan disekitarnya.

2. Komensalisme

Komensalisme merupakan simbiosis yang mana salah satu dari dua makhluk hidup yang berinteraksi memperoleh keuntungan, sedangkan yang lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Contoh interaksi ini adalah ikan remora dan hiu. Ikan remora akan mendapatkan perlindungan, sedangkan ikan hiu tidak dirugikan karena kehadiran remora.

3. Parasitisme

Simbiosis parasistisme merupakan simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah interaksi benalu dengan inangnya. Benalu akan menumpang secara total pada inang dengan cara mengambil nutrien, sedangkan inang dirugikan karena nutrien dalam tubuhnya diambil. Tidak jarang kita jumpai pohon yang ditumbuhi benalu lama-kelamaan akan mati.