apa kabar? lama gak nulis lagi diblog ini :D maklum tugas banyak, sebenernya banyak yang mau di tulis tapi ketahan semua di otak belum sempat disalurkan ahahah, dan uniknya lagi nulis ini dalam keadaan saya puasa ahaha *tahaaann XD

Nah kali ini, kinan bakal share tentang makanan khas Korea..kenapa Korea? karena setahun belakangan ini kinan lagi tertarik dengan yang berbau-bau korea especially K-POP ahahah #lupakan nah buat nambah2 pangetahuan tentang makanan khas korea kinan bakal share disini.. CHECK THIS OUT

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.” Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

nah kinan mau cerita sedikit mengenai kimchi, ahahaha waktu itu kinan sama ditha rencana mau buat kimchi gara-gara penasaran, jadilah hari itu kita berdua pergi beli bahan-bahan yang diperlukan, sebelumnya kita udah cari resepnya diinternet :D setelah bikin sore itu, malam jam 7 kimchi siap untuk di coba..nah ternyata minyak ikan-nya bikin kinan mau muntah, tapi kalo pedes-nya manteeppp loo :p akhirnya buat kimchi hari itu berhasil, namun gara2 lidah kampung kali ya, jadi eneg-eneg gitu makannya..but tetep enak kok :D patut dicoba biar tau rasanya :D

2. Bulgogi


Bulgogi (불고기) adalah potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. variasinya:  ayam (dak-bulgogi), dan soto.

ini kayanya enak deh :3 daging sapi soalya :D

 

 

3. Sundubu Jigae

Makanan Korea yang panas banyak jenisnya tetapi yang disebut makanan panas biasanya mempunyai kuah panas. Makanan panas itu cukup menghangatkan badan hingga orang dapat bertahan dalam kedinginan baik di dalam maupun di luar ruangan. Masakan Korea yang bernama ‘Sundubu Jjigae’ sebagai masakan yang sangat cocok dengan musim dingin. Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahun yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi atau hasil laut yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin orang dapat melupakan sebentar dinginnya cuaca. wah seger nih kayanya..tapi itu telornya belum masak ya? oh iya itu kan plate-nya panas juga, pasti langsung mateng :D

4.  Mie Ramyeon

 Ramyeon (라면): mie ramen khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas danbiasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi.

 

 

 

 

5.  Jajangmyeon

Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis makanan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Cina, dan orang Cina biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.

Jajangmyeon menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung gandum.Saus jajangmyeon dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang disebut chunjang (hangul: 춘장; hanja: ) yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan cornstarch (sejenis pati yang terbuat dari tepung jagung) agar saus jadi kental. Pasta kacang kedelai (chunjang) dibuat dari kedelai yang dipanggang (dibakar). Oleh karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus dimasak dengan cara direbus.

sumpah yang ini bikin kinan ngiler banget apalagi warnanya yang coklat gitu, wah mengodaa :D *inget lagi puasa wooyy

 

 

6. Gimbap

Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Bentuknya sih emang mirip dengan sushi tapi beda kok. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.

Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak)

6. Tteokbokki

Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha. Nah aku pernah liat nih di teaser salah satu personel BEAST yang thanks to..mereka makan ini nih :p

Pada awalnya, penganan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea: merah, kuning, putih, hitam, dan biru

8. Bungeoppang (Kue Ikan)

Bungeoppang (붕어빵; “roti ikan mas”) adalah jenis kue panggang yang diisi dengan pasta kacang merah dengan cetakan berbentuk ikan. Wah ini kayanya enak, bentuknya juga lucu :p

nah ini kalau udah di gigit alias dimakan :p dalemnya begitu tuh wah enak juga nih..aaaa pengen ><

Nah segitu dulu ya..kalo gak ada halangan bakal di lanjut lagi karena masih banyak banget makanan khas korea yang enak-enak, berhubung juga kinan lagi puasa gak baik liat makanan lama-lama ahahah enak-enak pula..terimakasih udah mau baca dan ngiler-ngiler bareng kinan :D

ANNYEONGGG :D